hasil kamera vivo v5 plus dual camera selfie

 smartphone

Vivo rupanya ingin menyaingi para kompetitornya dalam urusan kamera selfie, beberapa produsen smartphone memang telah lebih dahulu menojolkan sisi kamera selfie seperti misalnya oppo dan asus. Setelah beberapa bulan lalu vivo menelurkan v5, beberapa hari lalu mereka pun langsung kembali merilis adiknya yaitu v5 plus.

Vivo V5 plus rupanya ingin memberikan kelebihan dari segi foto selfie. Vivo V5 plus mempunyai dual camera di bagian depan dengan resolusi 20Mp dan 8Mp. Setelah dulu Huawei p9 sukses dengan dual camera yang juga merupakan smartphone dual camera pertama, yang saat itu kameranya menggunakan sensor buatan pembuat kamera ternama, leica. Rupanya suskes dual camera tersebut ingin diikuti oleh Vivo, tidak ingin ketinggalan kemudian vivo meniru konsep serupa dengan membuat dual camera, namun bedanya dual camera vivo diletakan pada camera depan atau camera selfie. Selain itu apa yang diterapkan vivo lewat dual kamera untuk selfie sebenarnya pernah dilakukan oleh lenovo lewat seri Vibe S1.

Kamera selfie yang diusung Vivo V5 plus berkekuatan 20Mp dengan aperture ƒ/2.0 dan yang satunya 8Mp dengan ƒ/2.0. Sensor kamera dengan 20Mp berguna untuk menangkap gambar seperti kamera biasanya, sedangkan kamera yang beresolusi 8Mp berfungsi untuk menangkap detail, sehingga hasil gambar akan terlihat lebih jelas dan tajam. Dengan bantuan kamera 8Mp tersebut kita bisa membuat foto blur bokeh ala kamera DSLR (baca di artikel berikut, tentang cara membuat foto bokeh : klik disini). Selain itu terdapat juga lampu flash LED agar hasil kamera bisa lebih terang.

Menu setting camera vivo v5 plus

Untuk tampilan antar mukanya sebenarnya cukup sederhana, Di bagian atas kita bisa menemukan tombol untuk lampu flash, HDR, bokeh dan tombol setting. Ketika kita tekan tombol setting maka kita akan beberapa pengaturan seperti settingan untuk self-timer, aspek rasio, voice dan palm gesture, serta pilihan untuk geo tagging. Yang unik adalah ternyata menu HDR juga tersedia untuk kamera depan, yang jarang kita temukan di kamera smartphone lain.

Di bagian menu bawah kamera terdapat beberapa pilihan seperti shortcut untuk menuju galeri, tombol shutter, filter dan menu untuk beralih antara kamera depan atau kamera belakang. Di atas tombol shutter, kita juga memiliki empat pilihan menu slider diantaranya untuk setting face beauty, serta mode untuk foto juga video.

setting-vivo-v5-plus-selfie-camera-interface
all images/photos by www.bgr.in
 

Tidak seperti pada vivo v5 yang kualitas fotonya sedikit kurang bagus jika di dalam ruangan, maka untuk vivo V5 plus memiliki kualitas kamera yang lebih konsisten. Hasil fotonya terlihat lebih baik dan juga lebih rinci. Untuk kedalaman warnanya pun cukup baik, dimana hasil fotonya mampu memberikan warna yang akurat, walau terkadang jika kita menggunakan mode filter maka sering terjadi over exposure.

 

Mode bokeh pada Vivo v5 plus

mode-bokeh-vivo-v5-plus

Sekarang kita akan bahas jika kamera Vivo v5 plus ini digunakan untuk mengambil foto bokeh, apakah mampu sebaik kamera DSLR? Untuk menghasilkan foto bokeh, kita dimudahkan dengan adanya tombol bokeh yang terletak dibagian atas. Untuk menangkap foto bokep V5 plus menggunakan kamera kedua untuk menangkap kedalaman gambar sehingga fokus objek akan tetap terlihat jelas dengan kamera utamanya. Kita bisa mengatur aperture antara ƒ/0,95 untuk menghasilkan foto dengan blur maksimum pada bagian latar belakang, dan aperture pada ƒ/16 agar semua bagian foto terlihat fokus.

Dengan adanya dual kamera untuk selfie benar-benar sangat memanjakan anda yang senang berbagi foto ke sosial media. Dengan mode blur kita bisa membuat latar belakang foto kita menjadi tak terlihat bahkan dengan memaksimalkan aperturenya latar belakang akan menjadi titik-titik bulatan seperti halnya ketika memotret bokeh menggunakan kamera DSLR.

 

Mode HDR pada Vivo V5 Plus

mode-hdr-mode-vivo-v5-plus

Jika kita berada di tempat yang terlalu terang seperti misalnya di tempat dengan matahari yang terik dan langsung menuju pada anda kita bisa menggunakan mode HDR. Jadi perlu diketahui, menu HDR itu bukan hanya berguna di tempat yang gelap, tapi juga bisa digunakan di tempat yang terlalu terang. Karena mode HDR berfungsi untuk meratakan setiap bagian foto agar terlihat sama, sehingga bagian gelap akan menjadi terang dan bagian yang terlalu terang akan menjadi sedikit gelap. Namun untuk Vivo V5 plus menu HDR nya terkadang menghasilkan warna yang berlebih, sehingga kita bisa memilih untuk menggunakan HDR atau tidak sesuai kebutuhan anda.

 

Mode face beauty

mode-face-beautification-vivo-v5-plus

Fitur beauty berguna untuk memberikan sentuhan berbeda pada foto anda, seperti misalnya sedikit merubah warna kulit. Mode beauty ini hampir sama dengan fungsi filter. Tidak seperti pada kamera lainnya yang biasanya lampu LED berguna untuk flash atau menerangi objek ketika tombol shutter ditekan saja, LED pada Vivo berfungsi seperti lampu. Sehingga kita bisa lebih melihat akan seperti apa foto yang dihasilkan nantinya. Selain itu ternyata hasil foto menggunakan lampu LED membuat foto terlihat bagus sekalipun berada di area yang sangat gelap.

 

Secara keseluruhan hasilnya sangat bagus, setidaknya untuk saat ini, dimana dual kamera untuk selfie masih sangat jarang, sehingga kami belum banyak bisa mengambil contoh hasil dari kamera lainnya untuk pembanding. Bagi anda pecinta selfie untuk saat ini menurut kami inilah kamera terbaiknya, Vivo v5 plus.