kamera dan foto pertama di dunia

 foto, kamera

Kali ini kita akan membahas tentang masa lampau atau masa lalu, dimana kamera pertama kali diciptakan. Tahukah kamu jika jenis kamera telah banyak sekali mengalami perubahan? Kamera dahulu memiliki bentuk yang cukup besar dan tidak sesimple kamera digital yang bisa kita temui seperti sekarang ini, proses pencetakan sebuah foto pun bisa memakan waktu cukup lama. Lalu seperti apa kamera pertama di dunia? Berikut penjelasannya.

Jika kita melihat sejarah sebenarnya foto pertama di dunia harusnya ada sejak abad ke 17, namun sayangnya saat itu tidak ada foto yang dapat bertahan lama. Kamera pertama yang pernah dibuat berjenis kamera Obscura. Kamera jenis ini sebenarnya lebih mirip dengan cermin, ini merupakan fenomena optik alam yang terjadi ketika sebuah objek kemudian diproyeksikan melalui lubang kecil pada layar, hingga membentuk sebuah gambar dan gambar tersebut pun bersifat terbalik, kiri jadi kanan, kanan jadi kiri, seperti halnya cermin. Dan dengan kamera Obscura gambar objek tidak benar-benar tersimpan, hanya bersifat sementara.

obscura kamera pertama di dunia

Sebelum adanya proses fotografi tidak ada cara lain untuk mengabadikan sebuah gambar, menggunakan kamera Obscura adalah salah satunya cara. Kamera Obscura pertama berukuran satu kamar untuk satu orang atau lebih. Kemudian Johann Zahn pada tahun 1685 membuatnya lebih kecil dari bentuk awalnya.

Foto pertama yang bisa diabadikan

Foto pertama yang bisa diabadikan di dunia pertama kali dibuat oleh Nicéphore Niépce pada tahun 1816 menggunakan Silver chloride atau perak klorida dalam secarik plat. Perak klorida berguna untuk merefleksikan cahaya dimana perak tersebut akan menjadi gelap ketika terkena cahaya, sehingga bagian potret objek yang gelap digambarkan menggunakan perak klorida tersebut. Namun itu pun tak dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Kemudian dipertengahan 1820 Niepce menggunakan box kayu yang dibuat oleh Parisian opticians Charles dan Vincent Chevalier, untuk bereksperimen membuat foto dalam permukaan yang tipis menggunakan bitumen of judea (semacam aspal). Bitumen tersebut dapat menjadi keras, untuk menggambarkan objek yang terang bitumen tersebut sengaja dibuat keras, kemudian bagian lainnya dibiarkan, sehingga membentuk pola gambar dari bitumen tersebut.

Inilah hasilnya

foto pertama di dunia dari logam

Karena masih menggunakan bahan-bahan logam sehingga foto menjadi tidak jelas. Foto tersebut jika disempurnakan akan menjadi seperti berikut.

foto pertama di dunia

foto tersebut diambil oleh Joseph Nicephore Niepce, diperkirakan diambil pada tahun 1826 atau 1827 di Burgundy – Perancis. Itu merupakan gambar pekarangan rumahnya yang ia ambil dari jendela di kamarnya. Dan itulah foto pertama di dunia yang dapat diabadikan dan ada sampai sekarang.

Sejak saat itu kamera semakin berkembang dan ditemukannya metode-metode baru yang lebih mudah dan praktis dalam pembuatan sebuah foto, seperti proses daguerreotypes yang pertama dibuat di tahun 1837, kemudian muncul metode calotypes, dry plates, film, hingga foto digital seperti jaman sekarang.