kamera mirroless terbaik canon 2017 untuk pemula dan professional

 kamera

kamera mirroless terbaik canon 2017 untuk pemula dan professional

Penggunaan kamera mirrorless sekarang menjadi semakin populer setelah banyaknya digunakan untuk kebutuhan videografi para youtubers. Fungsi kamera sekarang memang tak hanya dibutuhkan untuk sekedar memotret gambar tapi juga video. Kamera mirrorless pada dasarnya sama saja dengan kamera DSLR, baik dari prosesor, penggunaan lensa yang dapat diganti-ganti, hingga settingannya yang serupa. Bedanya kamera mirroless tidak memakai cermin/pentaprisma sehingga objek yang terekam akan langsung ditampilkan di viewfinder elektronik.

Pada beberapa kamera mirrorless viewfinder elektroniknya atau LCD untuk menampilkan tangkapan objek bisa diputar ke atas, ke bawah dan kedepan, sehingga hal tersebut juga akan memudahkan kita untuk mengambil gambar atau video selfie. Berbicara kamera tentu saja kita akan mengingat brand canon sebagai salah satu brand kenamaan. Berbicara mirrorless dan Canon, kali ini kita akan membahas kamera mirrorless terbaik dari Canon untuk saat ini.

 

Desain

Canon EOS M5 merupakan kamera yang diluncurkan pada september tahun 2016 kemarin. Melihat dari bentuknya Canon EOS M5 memang terlihat seperti kamera DSLR namun berbentuk mini, hal tersebut dikarenakan pada bagian atasnya terdapat jendela bidik. Dengan bentuk lebih compact sehingga memudahkan untuk penggunaan saat berpergian, ini juga bisa menjadi bridge kamera untuk para pengguna DSLR yang menginginkankamera dengan bentuk yang lebih ringkas namun dengan setting dan fitur layaknya DSLR, hingga penggunaan lensa yang dapat diganti-ganti.

 

Performa

Dari segi spesfikasi Canon EOS M5 memiliki sensor APS-C dengan ukuran 24.2MP dilengkapi degan autofocus 49 titik cross-type. Untuk ukuran ISO nya sendiri memiliki ukuran dari 100 hingga 25600. Memiliki teknologi Dual Pixel membuat Canon EOS 5 memiliki kemapuan yang sangat cepat dalan mengunci fokus. Dual pixel sendiri sering digunakan pada kamera DSLR semi pro seperti pada 70D dan 80D saat live view. Walau sebenarnya pada Canon EOS M5 untuk mengunci fokus benda bergerak seperti misalnya ketika memotret orang pada saat balapan motor, auto fokusnya sedikit kewalahan. Fitur lainnya adalah tersedianya fitur digital 5-axis untuk meredam guncangan sangat merekam foto atau video. Untuk prosesornya sendiri yaitu DIGIC 7 dimana dengan processor ini kualitas gambar sudah tidak perlu diragukan lagi, selain itu kita bisa merekam video beresolusi 1080p pada 60 frame per detik.

pengaturan-pada-canon-eos-m5

 

Viewfinder

Canon EOS M5 memiliki layar elektronik LCD yang bisa diputar atau ditekuk ke atas dan kebawah sehingga sangat cocok juga untuk digunakan selfie atau VLOG. Layar LCD yang digunakan memiliki ketajaman yang baik dengan ukuran 3.2 dengan resolusi mencapai 1.6juta titik. Dan menariknya lagi LCD pada Canon EOS M5 dilengkapi dengan fitur touchscreen, sehingga akan memudahkan kita untuk pengaturan. Sementara untuk jendela bidik EVFnya memiliki spesifikasi yang tergolong sangat standar yaitu memiliki resolusi 2,3 juta titik dengan panel OLED.

 

Konektivitas

Sepertti pada kamera DSLR dan mirrorless lainnya keluaran tahun sekarang, Canon EOS juga dilengkapi dengan beberapa fitur konektivitas seperti wifi dan bluetooth. Menariknya lagi Canon EOS M5 telah dilengkapi dengan gitur NFC untuk memudahkan pertukaran data bahkan dengan perangkat smartphone sekalipun. Terdapat port untuk colokan mic sehingga akan memudahkan kita dalam merekam video dengan suara yang lebih jelas.

 

Keunggulan

Selain dilengkapi dengan LCD touchscreen untuk memudahkan pergantian setting, dalam bodi kamera juga terdapat anyak tombol dan roda/dial untuk mengganti setting dengan cepat. Terdapat juga panel atau dudukan untuk hotshoe sehingga mempermudah untuk penggunaan flash eksternal. LCD nya tergolong besar dengan resolusi yang tinggi juga. Bentuknya yang lebih ringkas tentu menjadi nilai lebih daripada kita harus membawa kamera DSLR yang relatif lebih besar. Area focus dapat diatur dari ukuran kecil sampai besar kita juga bisa mengatur focus dengan menekan pada touchscreen dan fitur ini juga bisa dinonaktifkan. Terdapat 2 costum mode yaitu C1 dan C2.

 

Kelemahan

Dengan beberapa kelebihan di atas ternyata Canon EOS M5 juga memiliki beberapa kelemahan yang justru biasanya tidak terdapat di kamera lainnya, seperti Auto ISO yang tidak bisa dikonfigurasi minimum shutternya, selain itu saat pertama kali diaktifkan Auto ISO cenderung memilih shutter pada 1/60 detik. Kekurangan lainnya adalah informasi sisa baterai tidak tersedia dalam persentase, jadi kita tidak tahu berapa persen lagi sisa baterainya. Untuk desainnya bahan body terbuat dari plastik dan terasa kurang kokoh. Serta kelemahan lainnya seperti video yang hanya Full HD bukan 4K, tidak bisa dicharge melalui port USB sehingga tidak bisa menggunakan powerbank dan tidak memiliki shutter elektronik.

 

Kesimpulan

Menurut kami Canon EOS M5 merupakan kamera dengan level menengah yang sangat recommended untuk kalangan enthusiast. Pengaturan yang cukup komplit sehingga sangat cocok untuk mereka para pemula yang ingin mencoba menjajal kamera para expert atau bahkan cocok juga untuk para professional yang meninginkan kamera yang lebih compact tanpa meninggalkan fitur-fitur yang ada pada kamera DSLR. Dengan harga 14 jutaan (body only) menurut kami ini adalah salah satu kamera mirrorless terbaik buatan canon, dengan fitur yang komplit dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk pembanding mungkin kamera ini setara dengan kamera mirrorless Olympus OM-D E-M1, FUJI X-T1, Panasonic Lumix DMC-GX8, namun masih jauh dibawah kamera mirrorless Sony A7R Mark II.

 

Spesifikasi

  • Ukuran 116.8 x 88.9 x 61.0 mm
  • Resolusi 24MP CMOS APS-C sensor 1.6 X crop factor
  • Video Full HD dengan 60 frame persecond
  • 2.3 juta titik pada jendela bidik elektronik
  • LCD dengan ukuran 3.2 inci
  • Layar touchscreen dengan 1.6 juta titik
  • Ukuran ISO 100 – 25600
  • Continuous shooting dengan 9 foto per detik
  • WiFi, Bluetooth, NFC
  • Berat 428 gram