tutorial light painting membuat tulisan dan gambar dengan cahaya

 tutorial

cara membuat light painting membuat tulisan dan gambar dengan cahaya

Light painting atau melukis dengan sinar/cahaya sekarang telah menjadi semakin populer. Pada dasarnya teknik Light painting sama dengan ketika kita memotret mobil di jalanan saat malam hari, diperlukan long exposure agar yang terlihat nantinya hanya cahaya dari lampu mobilnya saja. Light painting pun demikian dibutuhkan long exposure dengan shutter speed yang sangat lambat untuk menangkap pergerakan cahaya, atau pada beberapa kamera kita bisa langsung menggunakan mode bulb. Bedanya, pada light painting cahaya yang kita tangkap dibuat sendiri menggunakan senter, lampu atau barang lainnya yang menimbulkan cahaya.

Untuk membuat Light painting kita tidak perlu menggunakan sensor dengan aperture yang besar seperti ketika memotret objek biasa di dalam gelap atau di malam hari, disini kita tidak perlu menangkap masukan cahaya yang besar. Bahkan dengan kamera smartphone pun kita bisa menggunakan teknik ini, asalkan smartphone tersebut telah memiliki setting manual seperti untuk memperlambat shutter speed atau menggunakan mode light painting. Di smartphone kita bisa menggunakan aplikasi tambahan atau dengan menggunakan smartphone telah memiliki mode light painting seperti pada smartphone android Huawei p9 lite.

Pengertian light painting adalah menangkap cahaya bergerak di area gelap yang diterangi dibeberapa titik obyek menggunakan tangkapan kamera yang lambat sehingga hanya pergerakan sinar tersebutlah yang terekam kamera. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat light painting. Berikut bahan-bahannya.

– Kamera yang memiliki kontrol manual atau dapat melakukan long exposure yang biasanya lebih dari 30 detik atau dengan kamera yang memiliki mode bulb.
– Tripod
– Sumber cahaya seperti senter, lilin, lampu, sinar smartphone, dll.

Cara membuat light painting

1. Simpan kamera di tripod atau kalau tidak ada bisa menggunakan penyangga lainnya agar kamera tidak bergerak.
2. Cari area gelap, bisa di dalam atau di luar ruangan, dan pastikan tidak ada sumber cahaya lain yang akan masuk dan tertangkap kamera.
3. Atur kamera dengan bukaan menengah atau aperture sekitar f/8 sampai f/11
4. Gunakan tombol kabel release shutter kemudian kunci objek atau lock. Jika tidak ada, kita bisa meminta bantuan teman untuk menekan tombol shutter.
5. Berdiri di depan kamera agak jauh, kemudian buat pola di depan kamera menggunakan cahaya, contohnya membuat tulisan “i love u”. Jadi ketika membuat pola tulisan seperti misalnya hurup i kita nyalakan lampu kemudian gerakan dari bawah ke atas, setelah itu matikan cahaya lampu atau tutup cahaya lampu dengan tangan kemudian bentuk pola hurup lainnya sedikit agak bergeser ke pinggir dari pola hurup i tadi. Jadi intinya ketika akan ada jeda atau spasi pada pola, matikan lampunya lalu hidupkan lagi untuk mulai membuat pola lain.
6. Setelah dirasa selesai, barulah realease tombol shutter.

Untuk membuat light painting pada kamera smartphone pun sama saja. Tekniknya seperti cara tersebut di atas. Jika pada tombol shutter di smartphone biasanya kita harus menekan 2 kali, jadi pertama kita tekan tombol shutter, membuat pola light painting, kemudian tekan tombol shutter lagi jika sudah selesai. Namun di beberapa kamera dan juga kamera smartphone ada juga yang harus ditekan lama, jadi tekan shutter, buat pola light painting sambil tombol shutter terus ditekan (oleh orang lain atau pakai kabel shutter), kemudian tekan lagi tombol shutter setelah selesai membuat pola. Namun ada juga yang bisa menggunakan setting waktu shutter.